Loading...

Pengetahuan Vape untuk pemula

Tips pemula Vape Untuk memulai vape sangat banyak sekali hal yang harus diperhatikan dan diketahui, dan banyak karena hal inilah ...



Tips pemula Vape

Untuk memulai vape sangat banyak sekali hal yang harus diperhatikan dan diketahui, dan banyak karena hal inilah orang susah untuk memulai menggunakan vape. Memang tidak bisa dipungkiri kalau mau memulai vape beberapa pengetahuan harus diketahui, tapi menurut saya hal itu lumrah supaya kita juga tidak salah dalam menggunakan vape.

Jadi di artikel ini saya akan menjelaskan pelan pelan beberapa hal yang harus diketahui sebelum mulai menggunakan vape.

Vape  atau Vapor katanya adalah rokok elektrik, tapi disini saya akan sedikit menjelaskan bahwa vape sama sekali tidak ada hubungannya dengan rokok atau rokok eletrik sekalipun. Vape adalah sebuah catridge atau alat yang dipakai untuk memanaskan cairan kemudian diubah menjadi uap. Berbeda dengan rokok dimana rokok mengalami proses pembakaran dan timbulah asap. 2 hal ini tentu sangat tidak sama dan tidak bisa disamakan. Jadi logika saya Rokok menghasilkan asap sedangkan Vape lebih menghasilkan uap. Perbedaan yang cukup jelas kan? Nah kemudian kalau kita lihat asal asap rokok maupun uap pada vape juga berasal pada hal yang berbeda, dimana asap rokok membakar tembakau ditambah bahan kimia lain yang tergabung didalam kandungan TAR tetapi uap vape dihasilkan dari PG dan VG dimana kedua bahan ini adalah cairan yang dihasilkan dari bahan makanan. Mungkin persamaannya antara rokok dan vape Cuma pada kandungan nikotin, ya kita tau nikotin inilah yang menjadi alasan adiktif. Jadi jika kita kaji lebih dalam dari paparan yang saya sampaikan bahwa jelas vape jauh lebih aman daripada rokok.

Kira kira sudah cukup jelas gak dengan penjelasan vape dan perbedaan dengan rokok yang saya sampaikan? Sekarang saya akan fokus pada pembahasan vape. Vape sendiri sebenarnya adalah sebuah alat yang terdiri dari MOD ( Badan ) Atomizer ( Kepala ) dan Baterai sebaga sumber daya nya. Jadi kadang yang bikin bingung adalah banyaknya variasi dari ketiga bagian tersebut.
Sekarang saya akan menjelaskan secara rinci supaya teman2 semua bisa mengetahui secara benar dari bagian bagian tersebut

MOD
Adalah badan dari alat vape adalah sebuah device / alat yang paling penting ( iyalah kalau g ada mod gimana ngevape nya ? ) hahaha.. Mod sendiri adalah sebuah rangkaian eletronik yang dipasang di sebuah casing dan menghubungkan baterai dengan atomizer. Mod sendiri ada 3 kategori lagi, saya akan jelaskan kemudian saya klasifikasi untuk level pemakaian nya ya

   Mechanical Mod ( Pro User )



Untuk menchanical mod, mod ini memiliki rangkaian listrik paling sederhana dan biasa hanya berbentuk selongsong tabung panjang dilengkapi tombol onduktor di bagian bawah. Mechanical mod adalah salah satu alat vape palig RAW kalau saya menyebutnya karena baterai akan tersambung langsung dengan atomizer dan kumparan coil sebagai penahan daya dan sumber panas. Jadi bisa dibilang kalau mod ini langsung menghubungkan baterai sebagai sumber daya dan atomizer. 
Fyi : Beberapa kejadian mod yang meledak disinyalir karena menggunakan mod ini secara teledor karena kemungkinan terpencet didalam kantong dalam waktu lama sampai coil terlalu panas dan  menghasilkan api di atomizer kemudian menyulut ke baterai dan BOOM!!
Jadi sebenarnya bukan salah mod, tapi lebih ke pemakai sendiri. Mechanical Mod dijual dengan harga yang cukup beragam dari 400an sampai jutaan, Kebetulan kalau yang produksi dalam negeri belum ada tetapi design anak negeri sudah ada yaitu Trishul Mod Dari Hellvape dan hargany juga tidak terlalu mahal dipasaran. 

    Semi Menchanical Mod ( Middle User ) 


Semi mechanical saya sebut karena mod ini sudah dilengkapi rangkaian listrik dan diberi pengatur watt manual dan ada bebebrapa mod dilengkapi voltmeter,tetapi pemilihan watt masih cukup terbatas. Untuk mod jenis ini juga terbilang relatif dari harga 300 sampai jutaan. Biasanya semi mechanical mod sudah dilengkapi auto cut system untuk mencegah overheat,jadi kalau mod terlalu panas bisa langsung rusak device dan tidak sampai meledak. 

ada beberapa pilihan yang beragam untuk semi mechanical / semi regulated ini. Salah satu merek yang cukup terkenal di indonesia sendiri ya ada hexohm


Electronic Mod

Terakhir Electronic Mod, mod ini sebenarnya hampir sama dengan semi mech mod karena mod ini juga sudah dilengkapi rangkaian elektronik yang lebih kompleks, yang membedakan mod ini sudah dilengkapi display yang bisa mengatur watt,suhu sampai beberapa settingan tambahan. Jadi mod ini biasa sangat disarankan untuk pemula yang baru mau mulai menggunakan mod. Untuk harga biasanya agak mahal tergantung menggunakan chip apa didalamnya beberapa chip yang uda terakui adalah DNA dan Yihi,oleh karena itu mod ini cukup mahal sampai jutaan dipasaran.


Atomizer
Bagian berikutnya yang mau saya bahas adalah atomizer atau biasa disingkat ATT atomizer adalah kepala mod yang berisi coil dan kapas dan kemudian diteteskan liquid. Ada 2 hal penting di atomizer yaitu coil ( Kawat ) dan kapas. Coil yang dipakai di vape ada berbagai macam dan beragam cara lilitan, hal inilah yang membuat tahanan panas dihasilkan bisa beragam untuk setiap pemakaian vape. Kemudian kapas yang dipakai adalah kapas murni dan bebas kosmetik, hal ini penting karena jika pakai kapas kosmetik takutnya anda keracunan.
Att sendiri terbagi menjadi 3 jenis juga yaitu :

1.       RDA (Rebuildable Dripping Atomizer)
hadaly rda ( single coil )
Reload x Rda ( Double Coil RDA )

RDA adalah salah satu ATT yang cukup populer dikalangan vaper, karena RDA katanya menghasilkan asap yang lebih banyak,jadi bebebrapa vape senang menggunkan RDA. Cuma kelemahan RDA adalah harus selalu dibasahin jika sudah kering, dan hindari terlalu basah supaya tidak terjadi percikan liquid

Disamping itu RDA juga memiliki beberapa perbedaan antara single coil dan dual coil. Kemudian RDA juga punya spesifikasi 22, 23 , 24 sa,pai 28mm 

2.       RTA ((Rebuildable Tank Atomizer )
RTA adalah ATT yang memiliki tank disampingnya. RTA biasa dipakai oleh vaper yang tidak sempat untuk nge drip setiap saat karena RTA memiliki tank cadangan,vaper biasa senang menggunakan RTA karena katanya flavour liquid jauh lebih terasa.


RTA sendiri sebenarnya juga ada 1 macam lagi yang menggunakan coil bernama subohm. Dimana coil ini sudah dibuat 1 paket dengan kapas jadi tinggal dibuka dan diganti. Atau lebih dikenal dengan istilah RBA


contoh RBA TF16 from SMOK


Berbeda dengan RTA yang meggunakan system post pin untuk mengunci coil.
3.       RDTA ((Rebuildable DrippingTank  Atomizer )

RDTA adalah gabungan RDA dan RDTA biasanya RDTA dapat dikenali dengan posisi tank dibagian bawah, sedangkan RTA disekeliling. Jadi cukup berbeda, Tapi kalau untuk RDTA sebenarnya hampir sama dengan RDA Cuma diberi tank saja dibagian bawah. Kalau untuk rasa dan asap RDTA hampir sama dengan RDA.



Baterai
Terakhir adalah baterai, baterai yang dipakai di vape adalah baterai dengan daya tinggi yaitu minimal tipe 18560 atau diatasnya hal ini diperlukan karena untuk sekali vape dibutuhkan daya listrik minimal 30 watt jadi kalau baterai yang kecil akan cepat habis kalau dipakai untuk ngevape. Untuk Baterai harga cukup beragam dari 60 rb sampai ratusan ribu, tapi sejauh saya lihat baterai yang mahal sebenarnya sama saja dengan baterai original yang harga gak sampai ratusan ribu. Karena baterai mahal biasa adalah baterai rewrap kembali dari baterai original.

Jadi kira kira sudah cukup jelas untuk paparan vape yang saya berikan? Nah jika sudah mengerti saya akan menjelaskan beberapa elemen lagi yang ada di vape yaitu 

Liquid

Nah liquid inilah yang menjadi sumber uap dan rasa pada vape. Sejatinya liquid terbuat dari PG dan VG . VG sendiri adalah Vegetable Glycerin (VG) dan PG adalah Propylene Glycol (PG) kemudian ada perasa serta nikotin. Nikotin di vape sendiri ada yang bebas nikotin kemudian 3mg 6 mg dan 9mg untuk pengertian nya dapat disearch di wikipedia, dan saya bisa jamin semua bahan ini aman.

Kalau untuk selera liquid sudah sangat beragam dari juice sampai creamy tergantung anda. Dan liquid sendiri sudah banyak diproduksi oleh anak bangsa sendiri. Untuk liquid import sejauh ini yang saya tau Cuma dari USA atau malaysia. Tapi kalau penilain subjektif liquid lokal jauh lebih enak dibandingkan import. 

Bagaimana? Sudah cukup jelas belum penjelasannya. Kalau ada yang mau ditanya bisa email kesaya di king.sulap@gmail.com atau langsung komen di bagian bawah. Akan saya jelasin secara rinci untuk anda tentunya. 


Kemudian kita juga sekarang mengenal ada istilah POD / AIO , tentu saja akan kita bahas langsung disini ya.

CLOSE SYSTEM 

voom vape

Untuk close system biasanya memang pod sudah dilock untuk pemakaian catridge sekali pakai, alhasil emang seperti rokok dimana kita cukup mengganti tank catridgenya. Tapi close system juga memiliki beberapa varian yaitu ada disposable pod, yaitu pod yang dipakai dalam jangka waktu tertentu dan tidak bisa dicharge.Jadi ketika sampai limit tertentu pod akan mati dan tinggal dibuang saja. 

contoh disposable pod

 Ada beberapa merk yang cukup terkenal di luar negeri tapi belum masuk ke indonesia salah satunya VOOM dari spanyol dan JUUL dari USA


JUUL Pod
Untuk Close system ada produk dalam negeri yang sudah cukup diakui yaitu NCIG dari Nasty. Produk ini cukup booming dan bisa memenuhi kebutuhan perokok yang ingin mencicipi pod close system


Open System POD 

Nah perbedaanya adalah open sytem pod sudah didukung oleh catridge yang bisa kita isi liquid sendiri. Sebenarnya untuk open system lebih gampang dicari dibandingkan dengan close system. Tapi untuk POD masih disarankan menggunakan liquid salt nic dibandingkan freebase. 



 Setelah POD, sekarang kita akan bergeser ke AIO atau All in One

AIO ( All in One ) 

AIO sedikit berebea denga POD dimana AIO bisa menggunakan semua jenis liquid yang ada di pasaran. Untuk AIO ada beberapa pilihan yang hampir mirip dengan MOD sebenarnya tapi seiring perkembangan zaman kita pribadi mengelompokan aio sebagai berikut : 

AIO Display 

Jadi AIO Display yaitu AIO yang di support display sebagai tampilan informasi watt, ohm dan voltase jadi sangat membantu kita untuk mengetahui kondisi aio kita.



AIO non Display

Unuk AIO ini tentu saja device cuma dibekali LED sebagai notifikasi power sampai status baterai. Cukup tidak praktis sih sebenarnya kalau kami rasa. 



Nah kira kira sekian untuk semua jenis device vape yang ada dipasaran sekarang, tergantung kita dan kebutuhan sih untuk memilih mana yang paling tepat dan sesuai. 

oh ya masih ada beberapa jenis pod yang kelewatan yaitu ada : 


untuk ini AIO tanpa display yang sudah disupport baterai 18650 eksternal, jadi untuk sumber daya AIO ini dia murni menggunakan baterai luar, Cuma sayang masih tanpa display. 


berikutnya ada POD PEN yaitu POD yang berbentuk PEN, biasanya dia sudah open system dimana kita bisa isi liquid sendiri. Device ini bisa terbilang salah satu cikal bakal VAPE pertama kali dan akhirnya bisa sampai sekarang. 












AIO Display dengan Baterai eksternal 



Dan yang terakhir akan kita kupas yaitu AIO display dengan  baterai luar, ini adalah seri AIO terlengkap yang bisa kita paparkan . Untuk AIO jenis ini bisa dibilang masih sedikit dan tidak terlalu banyak di pasar.
GENERAL 6934754697797497577
Home item

ASVAPE CAESAR STARTER KIT

Must Read

Follow by Email and Get Free Gift from me