Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mod Mahal dan Murah, Bedanya dimana?



Sekarang ini banyak sekali mod dari beragam pabrikan yang muncul di pasaran, banyak dari kita selalu bingung ketika ingin mencoba nge-vape, pertanyaan pertama adalah cocoknya saya pakai yang mana? nah kalau pertanyaan itu kita sudah pernah membahasnya di PENGETAHUAN VAPE UNTUK PEMULA , namun perlu kita ketahui bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah mod bisa menjadi mahal dan sebagian mod dijual dengan harga yang sangat murah.

1. Material

Ada beberapa material yang sering kita jumpai ketika ingin meminang sebuah mod, rata rata material juga akan membuat sebuah mod berbeda harga dengan yang lainnya. Kita tidak akan membahas material tersebut karena akan membuat anda sebagai seroang vaper pemula bingung. Tapi kalau menggunakan bahasa sederhananya, beberapa mod menggunakan material zinc seperti logam dan ada yang menggunakan material seperti platik dengan bahan pvc. Perbedaanya? Nah ini yang penting untuk diketahui,

Material Logam atau sejenis Zinc maupun CNC sangat mempengaruhi suhu mod, terutama saat RDA ataupun atomizer yang kita pakai mengalami kepanasan. Mod dengan material logam akan lebih bagus membagi suhu dari atomizer ke mod dibandingkan material plastik, alhasil atomizer yang kita pakai akan jauh lebih hangat dibandingkan dengan atomizer yang menggunakan mod berbahan plastik. Cukup bisa dimengerti kan? nah untuk mod berbahan logam biasanya juga akan terasa lebih berat diatas 250gr dibandingkan mod berbahan pastik yang terkesan ringkih. Tetapi beberapa vaper menyukai material yang ringan karena lebih enak dibawa dan tidak terlalu berat

Tapi diluar sana ada juga mod berbahan kayu seperti stabwood maupun resin, cuma masih ada beberapa yang menggabungkan bahan bahan tersebut. Jadi kembali lagi mau memiliki mod dengan bahan seperti apa.

Rage Squonk with Zinc Alloy Material



Rincoe Manto with PVC material

2. Chip

Ini adalah bagian yang paling menarik dari pembahasan Mod mahal maupun murah, sebenarnya Mod dalam vape terbagi 2 yaitu Regulated atau UnRegulated, kita juga dulu terjebak dalam istilah electrical dll.. nah kali ini mimin akan jelasin kalau Mod ini terbagi 2 seperti yang tadi sudah disampaikan.

Untuk Regulated, baisanya sudah ada chip didalam untuk pengaturan TC maupun yang lain lain, biasanya mod regulated akan lebih mahal karena chip yang dipakai lebih kompleks dibanding yang semiregulated, Loh apa lagai semi regulated? Semi Regulated adalah mod yang menggunakan chip tapi menggunakan perhitungan potensiometer untuk menentukan watt, jadi kita yang nentuin volt untuk mendapatkan watt nya, berbeda dengan regulated maka kita yang nentuin watt untuk dapatkan volt.


Kemudian beberapa Chip juga membekali mod dengan maksimal watt yang bisa dicapai, biasanya kalau untuk mod 1 baterai maksimalnya bisa sampai 108watt, 2 baterai bisa sampai 220 dan 3 mod bisa sampai 350 watt. Tapi agak kesini sekarang bebebrapa mod juga membekali dengan baterai tanam atau built in. 

Terakhir UnRegulated atau mechanical, nah ini mod dengan sistem paling sederhana alias tidak ada chip sih menurut kita. Karena prinsipnya batere ketemu atomizer, jadi daya nya langsung bergantung resistance yang kita pakai di atomizer. Mechanical biasa disarankan untuk yang sudah biasa dengan perhitungan ohm law.

mechanical mod


3. Branding

Nah ini sebenarnya aspek diluar fisik, jauh diluar sana banyak mod yang memiliki branding masing masing. Mimin sendiri juga sudah mencoba beberapa mod, tapi setiap branding memiliki ciri khas sendiri, dari yang memiliki model inovasi sendiri sendiri, atau fitur yang berbeda dan bahkan ada yang memberikan garasi seuumur hidup. Jadi ini cukup menjadi pembeda harga karena alasan branding sendiri.

4. Limitasi 

Nah untuk ini memang menjadi alasan kenapa sebuah produk bisa mahal, ya beberapa mod ini sering dibuat dalam serial terbatas supaya bisa menaikan harga mod tersebut. Ada beberapa merk yang memang sengaja membuat mod dalam persediaan terbatas. Tertarik untuk menjadi seorang kolektor? 

Kita juga dulu lebih sering membeli mod yang tidak terkenal, tapi ketika ditelusuri ternyata 1 merk  bisa saja tidak terkenal di 1 negara, tapi sangat populer di negara tertentu. Jadi kalau mau dibilang belilah mod yang sesuai dengan kebutuhan dan seberapa anda menyukainya.

Nah jadi sudah cukup jelas gak untuk tips dari kami tentang mengapa ada mod yang mahal dan ada yang mod lebih murah?